Suararepublik.news  – Koordinasi Pelaksanaan FORUM SKPD/ LINTAS SKPD 2021, Acara dilaksanakan di Gedung Nilam Sari Kabupaten Karimun, Rabu (10/3/21)

Dalam acara turut hadir Bupati Karimun Dr. H. Aunur Rafiq, M.Si, Wakil Bupati Karimun H. Anwar Hasyim, M.Si, Para Asisten, Kepala OPD, Kepala Bagian, Serta Camat se-Kab. Karimun.

Sambutan Kepala BAPERLITBANG Djunaidy, S.Sos, M.Si menyampaikan forum OPD ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti hasil musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) tingkat kecamatan, untuk selanjutnya menjadi bahan masukan dalam proses penyusunan rencana kerja (RENJA) OPD.

Untuk diketahui bersama bahwa kita baru saja menyelesaikan musrenbang tingkat kecamatan di 12 (dua belas) kecamatan se-Kabupaten Karimun. Musrenbang tingkat kecamatan dilaksanakan mulai tanggal 18 februari 2021 dan telah berakhir pada 04 maret 2021 lalu bertujuan untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan tingkat desa/kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang bersangkutan.

Dari hasil musrenbang Kecamatan yang telah di laksanakan dari 12 Kecamatan, 29 kelurahan, 42 Desa, telah kita dapati 187 usulan. Dan 10 OPD yang menjadi tujuan usulan dari musrenbang Kecamatan yaitu Dispora 1 usulan, Dinkes 2 usulan, Dinas Lingkungan Hidup 2 usulan, Dinas Pangan dan Pertanian 1 usulan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan 1 usulan, Dinas PUPR 137 usulan,  Dinas Pendidikan 7 usulan, dinas Perhubungan 18 usulan, Dinas Perikanan 6 usulan, dan Terakhir Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Keberhasilan 18 usulan.

Tiga usulan prioritas setiap desa/kelurahan dari masing-masing kecamatan yang dihasilkan pada musrenbang kecamatan diinput kedalam SIPD yang kemudian disinkronkan dengan rancangan awal (ranwal) renja OPD serta dibahas dan difilter melalui forum OPD yang dilaksanakan pada hari ini.

Adapun tujuan dilaksanakannya forum opd ini antara lain: (1) menyelaraskan program dan kegiatan OPD dengan usulan program dan kegiatan hasil musrenbang tingkat kecamatan untuk kemudian diinput kedalam sistem sebagai salah satu bahan dalam penyusunan renja OPD, (2) mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan OPD sesuai dengan tugas dan fungsi OPD, (3) menyelaraskan program dan kegiatan antar OPD dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah, (4) menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing OPD. oleh karena itu, melalui forum ini kami sangat mengharapkan peran aktif dari semuanya untuk menyusun skala prioritas sesuai dengan program dan kegiatan yang diusulkan oleh kecamatan. agar usulan-usulan tersebut dapat menjadi daya ungkit dalam mencapai indikator kinerja.

Acara di lanjutkan dengan sambutan sekaligus membuka secara resmi Pelaksanaan FORUM SKPD/LINTAS SKPD yang di awali dengan penandatanganan SK TP2DD (Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah).  Dalam sambutnya Bupati Karimun Bpk. Dr. H. Aunur Rafiq, M.Si, menyampaikan forum organisasi perangkat daerah (OPD) merupakan salah satu wadah untuk menyatupadukan usulan partisipasitif seluruh stakeholder pada tingkat kecamatan dengan teknokratik OPD dalam perencanaan pembangunan daerah. kegiatan forum OPD yang kita laksanakan hari ini, sebelumnya telah diawali dengan pelaksanaan musrenbang tingkat kelurahan / desa dan musrenbang tingkat kecamatan, dan merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya  sebagaimana amanat peraturan menteri dalam negeri ri nomor 86 tahun 2017. di samping itu, forum OPD memiliki fungsi strategis dan penting, karena itu dalam forum OPD ini mari kita bersama-sama mensinkronkan dan merumuskan usulan prioritas pembangunan yang dihasilkan dari musrenbang kecamatan.

Oleh karena itu, saya mengharapkan seluruh  mekanisme dan tahapan penyusunan perencanaan benar-benar menjamin keterlibatan semua elemen masyarakat dalam menyampaikan saran dan usulan dalam penyusunan perencanaan pembangunan di kabupa