Suararepubliknews – Pembukaan STQ XIII Tingkat Kabupaten Karimun Tahun 2021, Islamic Center Kecamatan Kundur Kabupaten Karimun, Selasa (16/3/21)

Pelaksanaan STQ ini wujud nyata keseriusan dan kepedulian kita mengemban agama Islam terutama dalam pembinaan generasi Qur’an di Kabupaten Karimun selain mecari bibit dalam kegiatan STQ ini yang mewakili Kabupaten Karimun di Tingkat Provinsi Kepulauan Riau.

Pembukaan STQ ke 13 tingkat kabupaten Karimun kali ini dengan nuansa sederhana jauh dan berbeda dari perhelatan STQ sebelumnya namum penuh keberkahan mengingat kita masih dalam suasana new normal di masa Pandemi Covid 19 ini, dan berharap dengan menyiarkan dan mendengarkan lantunan Alqur’an dari para kafilah segala bentuk masalah ataupun virus corona dapat segera hilang dari bumi berazam ini. Dengan Alqur’an hati tenang. Dengan Alqur’an dunia aman, dan dengan Alqur’an kita dijauhkan darivirus Covid-19.

Sambutan Sekda Kabupaten Karimun Bapak. Muhd. Firmansyah, M. Si, selaku Ketua Umum Panitia Pengarah STQ Tingkat Kabupaten Karimun ke 13, dalam sambutannya menyampaikan ucapan Terimakasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang turut serta secara bersama-sama mendukung dan berpartisipasi dalam mensukseskan acara ini.

Kabupaten Karimun setiap tahunnya selalu melaksanakan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) namun pada tahun ini sesuai dengan arahan bpk bupati, pantia mengonsep acara ini dalam bentuk Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) yang lebih sederhana menyesuaikan adaptasi kebiasaan baru dalam rangka pencegahan COVID-19 namun tetap mengedepankan syari’at Islam dan Kualitas dari pada STQ ini. Ucap Sekda Karimun dalam sambutannya.

Selanjutnya Sambutan Bupati Karimun Bpk. DR. H. Aunur Rafiq, M.Si, di awali dengan penyerahan Piala Bergilir. Bupati Karimun didampingi diantaranya Wakil Bupati Karimun Bpk. H. Anwar Hasyim, M.Si, Ketua DPRD Kab. Karimun Bpk. M. Yusuf Sirat beserta Anggota, FKPD Karimun, Sekda Kabupaten Karimun Bpk. Muhd. Firmansyah, M. Si, Para Asisten, Kepala OPD, Serta Camat se-Kab. Karimun

Dalam sambutannya Bupati Karimun menyampaikan penyelenggaraan STQ tentunya tidak hanya sekedar syiar Islam tetapi lebih jauh di harapkan menjadi barometer untuk mengukur hasil kegiatan pembelajaran nilai-nilai Al-Qur’an ditengah masyarakat. Sehingga secara langsung dapat melakukan pengkaderan di masing-masing daerah-daerah agar dapat mengirim Qori Qoriah yang berpartisipasi secara mandiri.

Selanjutnya Bupati Karimun juga menyampaikan kegiatan STQ dan MTQ tidak hanya disikapi sebagai kegiatan rutinitas seremonial saja akan tetapi harus menjadi momentum strategis bagi menciptakan generasi-generasi yang Al-Qurani.

Selanjutnya Kata sambutan Gubernur Kepualauan Riau Bpk Ansar Ahmad sekaligus membuka STQ secara Resmi, Gebenur Kepualauan Riau beserta ibu didampingi diantaranya, Angota DPRD Provinsi Kepulauan Riau dan OPD provinsi Kepulauan Riau Turut serta Ketua MUI Provinsi dan Rombongan

dalam sambutannya Gubernur kepualauan Riau menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu sarana yang dapat menyatukan umat islam. Al-Qur’an merupakan sumber utama ajaran agama islam yang di turunkan Allah. Salah satu tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini mewujudkan kualitas qori/qoriah dan meningkatkan pemahaman dan pengalaman nilai-nilai dalam Al-Quran serta menghasilkan Hafidz dan Hafizah yang berprestasi, dapat mensukseskan penyelenggaraan sebagai tuan rumah yang baik dalam Seleksi Tilawatil Quran tingkat Kabupaten Karimun pada tahun 2021.

Usai menyampaikan sambutannya Gubernur Kepualauan Riau meresmikan STQ di tandai dengan Pemukulan Beduk.

Selanjutnya Acara di tutup dengan Foto Bersama.

CABANG-CABANG PERLOMBAAN

– Tilawah Alqur’an 48 Peserta, yang terdiri dari ;

 * 24 Peserta Tilawah Anak-anak,

 * 24 Peserta Tilawah Dewasa

– Tahfidz Qur’an 85 peserta yang terdiri dari :

 * Tahfidz 1 Juz Tilawah, 21 peserta

 * Tahfidz 5 Juz Tilawah, 21 peserta

 * Tahfidz 10 Juz, 20 peserta

 * Tahfidz 20 Juz, 13 peserta

 * Tahfidz 30 Juz, 10 peserta

Jumlah total keseluruhan 133 peserta. Komh