Suararepublik.news  – Kunjungan Kerja Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq S. Sos, M. Si. di Kecamatan Moro Kabupaten Karimun Kepuluan Riau, Sabtu (13/6/20).

1. Dimulai dari Dusun Pasai, Desa Niur Permai tepatnya di Gedung Serba Guna Dusun Pasai, Bupati Karimun melakukan pertemuan dan memberikan bantuan Musibah Angin Puting Beliung dan bantuan Alat olah raga sebanyak 3 buah bola, berupa Bola Voly, Bola kaki dan bola Footsal dari Dinas Pemuda dan Olah Raga.

Dalam sambutannya Bupati Karimun mengatakan, Pertama Kami sangat berterima kasih kepada Bapak/Ibu yang telah menerima Kami walaupun Kedatangan Kami agak terlamba dikarenakan masalah teknis dikapal.

Bupati Karimun secara pribadi juga memberikan bantuan untuk 10 anak yatim yang diserahkan kepada Kepala Desa untuk diserahkan lagi ke anak-anak yatim yang membutuhkan,”ungkap Rafiq.

Bupati Karimun Juga sedikit menjelaskan kondisi Perkembangan Covid 19 di Kabupaten Karimun yang ALHAMDULILLAH bisa Kita kendalikan, ini bisa Kita buktikan dengan tidak ada nya Pasien yang positif Covid 19 diKab. Karimun.

“Tapi dengan keadaan sekarang ini bukan berarti Kita sudah aman, karena disekitar Daerah Kita masih ada daerah/Zona Merah seperti Batam, Tanjung Pinang dan Pekanbaru,”terang Bupati Karimun.

“Saya Juga mohon maaf karena telah banyak mengeluarkan Surat Edaran yang salah satunya mengenai aturan ibadah dimesjid, bisa Saya sampaikan bahwa sebelum Saya menandatangani Surat Edaran tersebut, Saya juga mengundang MUI, Mubaligh, Ustadz untuk meminta masukkan dan pandangan mereka,”imbuhnya Bupati Karimun.

2. Kegiatan Bupati Karimun dilanjutkan ke Kampung Kang, Desa Rawa Jaya dengan agenda Peresmian Pelabuhan Rawa Jaya dan Peresmian Kantor Desa Rawa Jaya.

Sebelum Bupati Karimun meresmikan Kantor Desa Rawa Jaya, Bupati Karimun memberikan bantuan kepada Kepala Desa berupa Alat olah raga yaitu bola Voly, bola Kaki dan bola Footsal dari Dinas Pemuda dan Olah Raga sekaligus Bupati Karimun  menyerahkan bantuan pribadi untuk 10 anak yatim yang diserahkan langsung ke Kepala Desa dan kemudian akan diserahkan lagi ke anak yatim yang membutuhkan.

Dalam sambutannya Bupati Karimun mengatakan,  Saya sangat berterima kasih kepada Masyaràkat Desa Rawa Jaya yang bersedia menerima Kunjungan Kami dalam kondisi Hari hujan.

“Saya ucapkan selamat kepada Kepala Desa atas berdirinya Kantor Desa Rawa Jaya yang baru dan Saya mengharapkan agar bisa menggunakan Kantor yang baru ini dengan baik,”ungkap Bupati Karimun.

Saran Saya kepada Kepala Desa agar bisa melakukan penghijauan disekitar Halaman Kantor Desa agar bisa terlibat Asri.

Disela-sela kegiatan Peresmian Kantor Desa Bupati mengharapkan kepada Kita semua yang hadir Khususnya kepada rombongan dari Tanjung Balai Karimun agar bisa menyumbangkan sedikit rezekinya untuk membantu salah seorang RT di Desa Rawa Jaya yang rumahnya terkena Musibah tertimpa pohon,”jelas Bupati.

“Kemaren Polres Karimun dan Polsek Tanjung Balai sudah menetapkan Desa Tulang Kecamatan Karimun Sebagai Desa Tangguh Sligi dalam menghadapi Pademi Covid 19. Saya yakin Desa Rawa Jaya bisa menerapkan Sebagai Desa Tangguh tapi dengan syarat masyarakatnya harus kompak dan disiplin dalam menerapkan Protokol Kesehatan,”ungkap Bupati Karimun.

Dalam Covid 19 ini , Pemerintah Daerah belum bisa berbuat banyak tapi setidaknya bisa menyelesaikan sedikit masalah yang dihadapi Masyaràkat.

3. Setelah dari Kampung Kang, Desa Rawa Jaya Bupati Karimun beserta rombongan melanjutkan kembali ke Dusun Pauh Barat, Desa Pauh dalam Rangka Pertemuan / berdialog dengan Masyaràkat Desa Pauh Kecamatan Moro dan sekaligus menyerahkan bantuan Alat olah raga kepada Kepala Desa dan meberikan bantuan pribadi kepada 10 anak yatim melalui Kepala Desa.

4. Kemudian kegiatan Bupati Karimun dilanjutkan ke Dusun Jang Luar, Desa Jang.

Agenda Bupati Karimun di Desa Jang adalah memberikan bantuan Peningkatan dan sarana penangkapan Ikan dari Pemerintah Daerah melalui Dinas Perikanan berupa : 1 ( satu ) Kelompok yang mendapatkan Pompong Fiber sekaligus Alat Tangkap untuk Nelayan yaitu KUB Nelayan Berhurah.

Untuk bantuan Jaring Nylon Khusus untuk Desa Jang diberikan kepada 2. ( dua ) Kelompok yaitu : 1.KUB Nelayan Pulau Jang Bahari. 2. KUB Yeluk Karang dan sekaligus memberikan bantuan Alat olah raga dari Dinas Pemuda dan Olah Raga sekaligus memberikan bantuan pribadi Bupati Karimun untuk 10 anak yatim piatu melalui Kepala Desa Jang.

5. Terakhir kegiatan Bupati Karimun ke Dusun I, Desa Pulau Moro dengan agenda Peresmian Kantor Desa Pulau Moro sekaligus penyerahan Insentif untuk 10 Petugas Kebersihan Desa Pulau Moro yang berasal dari Dana Desa Pulau Moro, Bantuan Alat olah raga dari Dinas Pemuda dan olah raga sekaligus bantuan pribadi dari Bupati Karimun untuk 10 anak yatim yang di berikan kepada Kepala Desa Pulau Moro.

Dalam sambutannya Bupati Karimun mengatakan, Saya sangat berterima kasih sekali atas penyambutan kehadiran Kami.

“Kab. Karimun dalam pengembangan Pademi Covid 19 ini alhamdulillah kondisinya sudah semakin baik tapi belum dikatakan aman karena disekitar daeràh Kita seperti Batam, Tanjung Pinang dan Pekanbaru yang kondisinya masih di zona Merah dan juga masih banyaknya pendatang keluar masuk dari Daerah tersebut ke Kab. Karimun”, ungkap Bupati Karimun.

“Dalam hal Surat Edaran mengenai Ibadah Saya mohon maaf karena hal ini harus Saya lakukan untuk menjaga Kita semua dari penyebaran Pademi Covid 19,” ungkap Bupati Karimun.

Dan bisa Saya sampaikan bahwa sebelum Saya mengeluarkan SE ini Saya telah memanggil MUI, para Ustadz  Dan Mubaliq untuk meminta pertimbangan dan saran mengenai Aturan Ibadah ini.

Setelah selesai melaksanakan kegiatan di Desa Pulau Moro, Bupati Karimun beserta rombongan langsung bertolak ke Tanjung Balai Karimun.

Dalam rombongan, turut hadir Asisten II, Kadis PMD, Kadis Pemuda dan Olah Raga, Kadis Perikanan, Sekretaris Dinas PU, Baperlitbang, Kabag Perlengkapan dan Kabag KomHumas. Hms/iqb