Bupati Dairi beserta wakilnya berangkatkan 30.000 susu untuk Lansia(dok : HM/PE)

Jakarta, Suara Rewpublik News ( SRN),November 2020.Masyarakat Lansia juga memerlukan perhatian.

Berdasarkan Peraturan Menteri Sosial Nomor 5 Tahun 2018 tentang Standar Nasional  Rehabilitasi  Sosial lanjut usia,pasal 1 Ketentuan Umum menjelaskan bahwa Lanjut Usia (Lansia) adalah “seseorang yang telah mencapai usia 60 (enam puluh) tahun ke atas” .Menurut Pasal 3 Permensos  No.5 Tahun 2018 itu,Standar Nasional Rehabilitasi sosial ini bertujuan : memberikan perlindungan bagi Lanjut Usia yang memerlukan Rehabilitasi Sosial.

Terkait dengan hal tersebut diatas, Dr.Eddy Keleng Ate Berutu Bupati Dairi Bersama wakilnya, Jimmy A.L Sihombng SH serta Kadis Kesehatan Dairi, dr.Ruspal Simarmata memberangkatkan 30.000 susu untuk para Lansia pada hari  Rabu 4 November 2020 seperti yang dilansir dari  Radar Medan. Bupati Dairi mengatakan ditengah Pandemi  covid-19,program pemberangkatan susu tersebut adalah untuk menambah gizi dan tenaga   bagi para lansia  dalam melakukan kegiatan mereka sehari-hari.Susu ini akan dibagikan di desa, oleh petugas Puskesmas  dibantu Kepala Desa dan perangkanya. Sayangnya tidak disebut ke desa mana Susu ini akan di distribusikan.

Kita sudah lebih dari 8 bulan mengalami pandemic ini kata dia melanjutkan sambutannya,tidak menduga keadaan covid-19 ini  kita alami, sehingga kata dia, kita Bersama para medis harus bekerja seoptimal mungkin  supaya masyarakat tetap sehat dan kuat ujarnya. Hadir dalam pembersngkatan susu ini, Kadis Sosial Kabupaten Dairi, Drs.Paeulian Sihombing.

Sebenarnya masih banyak hak layanan untuk lansia  seperti Fasilitas dan Aksesibilitas pada Bangunan Gedung dan Lingkungan, Keputusan Menteri Perhubungan KM 48/2002 tentang Penyelenggaraan Bandar Udara Wajib Menyediakan Fasilitas yang Diperlukan bagi  Lanjut Usia, Surat Edaran Menteri Perhubungan SE.11/HK.206/PHB-97 dan SE.3/HK.206/PHB-99 tentang Pemberian Reduksi/Potongan Tarif Angkutan Penumpang Dalam Negeri Untuk Semua Kelas Sebesar 20%.

Namun fasilitas tersebut belum dinikmati para lansia karena kurangnya sosialisasi hal tersebut kepada para lansia. Menambahkan  sambutan Bupat Dairi Dr. Edy KelengAte Beruta, tadi, dr. Ruspal Simarata kepala Dinas Kesehatan  Kabupaten Dairi  mengatakan bahwa  adapun Sumber Dana  untuk 30.000 susu tersebut diperoleh dari BTT pada gugus tugas penanganan covid-19 bagi lansia dengan resiko Kesehatan. Hadir dalam pemberangkatan susu ini, ialah Kadis Sosial Kabupaten Dairi, Drs.Paeulian Sihombing. (ring-o )