Pemkab Muba Terima Bantuan Hewan Qurban dari PT Ghutri

Apriyadi Harap Perusahaan Tiru Langkah PT Guthrie

LAWANG WETAN, – Berkurban, disamping menunaikan suatu perintah dalam syariat agama Islam, juga memberikan pesan moral yang mulia bagi yang berkurban dan penerima kurban terutama fakir miskin. Hal tersebut merupakan salah satu upaya mengurangi atau mempersempit jurang pemisah antara si kaya dan si miskin, sehingga pada akhirnya kedua golongan ini akan hidup berdampingan, saling membantu dalam kehidupan sesuai kapasitas dan kemampuannya.

Menjelang Perayaan Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 M ini Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin menerima bantuan hewan qurban dari Minamas Plantation melalui anak usahanya PT.Guthrie Pecconina Indonesia (PT GPI) yang mendonasikan 16 ekor sapi kepada masyarakat di Kecamatan Lawang Wetan, Babat Toman dan Kecamatan Sungai Keruh.

Donasi tersebut dilakukan di Lapangan Sekolah Dasar Swasta PT GPI yang berada di Kebun Rantau Panjang Estate (PT GPI), Kamis, (15/07/2021).

Hewan kurban itu diterima Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Muba Drs H Apriyadi MSi yang diserahkan oleh CEO Region Riau Selatan Sumatera Selatan (RSS) Mohd Amri Baharudin.

Dalam kesempatan ini Sekda Muba Drs H Apriyadi MSi, mengucapkan rasa terima kasih kepada PT GPI yang telah berkontribusi dan memberikan keberkahan bagi masyarakat Kabupaten Muba untuk merayakan Hari Raya Id Adha 1442 H/2021 M.

”Kami bersyukur dan berterima kasih atas kepedulian perusahaan serta tetap berkomitmen mendonasikan hewan qurban, kepada masyarakat sekitar kebun. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi kami,” ujar Sekda.

Ia berharap langkah yang dilakukan oleh PT GPI bisa ditiru perusahaan-perusahaan yang beroperasi di wilayah Bumi Serasan Sekate.

“Kami akan siap mengemban amanah ini untuk di distribusikan kepada masyarakat Kabupaten Muba dihari raya qurban nanti,” imbuhnya.

Region CEO RSS Minamas Plantation Mohd Amri Baharudin, mengatakan, walau ditengah Pandemi COVID-19 selama dua tahun belakangan ini, tetap berkomitmen melakukan donasi hewan kurban yang merupakan salah satu bukti nyata partisipasi perusahaan terhadap kesejahteraan masyarakat. Sebagai bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan sekaligus bertepatan dengan perayaan Hari Raya Idul Adha 1442 H.

 “Sekaligus dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Adha bagi seluruh karyawan dan masyarakat sekitar. Semoga hal ini dapat bermanfaat dan membantu khususnya bagi masyarakat yang terkena dampak COVID-19 ini,” kata Mohd Amri Baharudin.

Mohd Amri Baharudin juga menghimbau masyarakat serta Pemerintah daerah setempat bersama-sama dengan perusahaan terus menjaga dan mengantisipasi kebakaran.

“Baik di lingkungan perusahaan dan di lingkungan kebun masyarakat,” imbuhnya.

Secara total, tahun ini Perusahaan mendonasikan sebanyak 16 hewan qurban dengan nilai Rp. 272,000,000.00 kepada karyawan masyarakat sekitar di seluruh wilayah operasional Perusahaan. Ini merupakan wujud kepedulian Perusahaan kepada kesejahteraan masyarakat khususnya yang berdampingan dengan wilayah operasional Perusahaan.

“Meskipun kita tahu bahwa kondisi pandemi COVID-19 sangat berimbas pada operasional perusahaan dan industri kelapa sawit nasional memang sedang menghadapi tantangan yand cukup berat, namun, hal tersebut tidak menghentikan komitmen Perusahaan dalam berbagi dengan sesama di momen yang baik ini,” tutur Mohd Amri Baharudin.

Selain rutin berkontribusi melalui pilar Kepemudaan, Olahaga dan Budaya seperti donasi hewan kurban tersebut.

“Program tanggung jawab sosial Minamas Plantation kepada masyarakat juga dikembangkan dalam pilar pendidikan, pemberdayaan dan lingkungan yang berkomitmen dan fokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tukasnya.

Sementara Camat Lawang Wetan Candra SKM MSi juga menyampaikan rasa terima kasih kepada PT GPI yang telah memberikan bantuan hewan kurban untuk disembelih di wilayah Lawang Wetan.

“Untuk penyembelihan dan pembagian kepada warga tentu pelaksanaannya akan berpedoman kepada protokol kesehatan yang telah ditetapkan,” kata Candra.