Suararepublik.news Tulungagung 01/12/2020,,Pada 13 Desember 2020, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Tulungagung, bakal melaksanakan pemilihan pengurus PGRI baru. Namun, ironisnya, tata tertib maupun peraturan pemilihan pengurus PGRI tersebut belum juga kunjung keluar. Tak pelak, belasan Ketua Cabang PGRI ini akhirnya mengajukan untuk bertemu dengan pengurus PGRI guna menyamakan persepsi.

Pengajuan yang dikomadani Ketua Kelompok, yakni Ketua Cabang PGRI dari Kecamatan Besuki ini akhirnya dikabulkan oleh pihak pengurus PGRI Tulungagung, Senin 30 November 2020 di ruang pertemuan Gedung PGRI setempat. Belasan Ketua Cabang PGRI ini pun langsung mempertanyakan perihal pelaksanaan pemilihan pengurus PGRI baru soal draf yang belum juga keluar, padahal waktunya pemilihan pengurus PGRI Tulungagung ini tinggal menghitung hari.

Sekretaris PGRI Kabupaten Tulungagung, Asmadi, saat dicecar pertanyaan perihal teknis pemilihan pengurus baru PGRI seperti apa, dan ia pun menjawabnya bahwa teknis pemilihan, yakni jadwal itu dari pengurus provinsi dan bentuknya, dirinya terkesan tidak tahu-menahu. ”Jadwal itu dari pengurus provinsi, kita belum tahu bentuknya,”jawab Asmadi pada belasan Ketua Cabang PGRI tersebut.

Ketua Cabang PGRI Boyolangu, Riyadi, mengatakan

bahwa kedatangannya di Kantor PGRI Tulungagung bersama belasan rekannya itu inginkan adanya persamaan persepsi perihal pemilihan pengurus penting di PGRI Tulungagung tersebut, agar tidak timbul hal negatif usai pemilihan nanti. ”Kedatangan kami kesini dalam rangka pemilihan pengurus baru PGRI Kabupaten Tulungagung,”kata Riyadi

Dan hasilnya, lanjut Riyadi, untuk sementara ada kata sepakat terkait tata cara pemilihan pengurus PGRI pada 13 Desember, nanti. Namun saat disinggung adanya indakasi ketidakberesan terkait pemilihan pengurus PGRI, ia pun langsung menjawabnya, yakni untuk sementara ini tidak ada indikasi arah itu.

”Hasilnya, sementara sudah disepakati tata cara pemilihan. Yang terpenting itu adalah tata cara pemilihannya, dan hasilnya kesepakatan penyerahan daftar calon mandat akan di kirim besuk Kamis (Minggu depan, red) sedangkan calon pengurus pada hari Sabtu,”jelasnya.

Hal sama juga disampaikan Ketua Cabang PGRI Campurdarat, Muyanto, yakni kedatangan mereka bersama rekan-rekannya itu mempertanyakan tentang tata tertip yang akan dilaksanakan pada 13 Desember (bulan ini, red). ”Skedul itu kan nanti yang melaksanakan tatip. Makanya kami berkumpul hari ini menanyakan hal itu,”ujar Muyanto.

Masih kata Muyanto, dirinya dan belasan rekannya itu menginginkan ada reorganisqsi di dalam kepengurusan PGRI Tulungagung. Menurutnya, Muhadi, yang kini menjabat sebagai Kepala Sekolah SDN 1 Kampungdalem ini adalah kandidat calon Ketua PGRI Tulungagung yang bakal berhadapan dengan incumbent, yakni Sugiarno, bakal mendapat dukungan 16 Ketua Cabang PGRI, dari 19 Ketua Cabang tersebut.

”Yang jelas, teman-teman sepakat adanya reorganisasi kepengurusan. Besar harapan kami, kedepan ada perubahan yang lebih baik lagi untuk PGRI Kabupaten Tulungagung,”kata Muyanto…….Yl/Yps/Kbt