Bekasi, Juni 2021 Suara Republik News. Dalam rangka memperingti hari Lingkungan Hidup 5 Juni 2021, Gereja Servatius melalui Sie kategorial  Lingkungan Hidup (LH) mengangkat slogan “Ayo ubah sampah menjadi berkat, biru langitku, Hijau Bumiku dan Sejahteta Keluargaku “ Slogan diatas menurut Rindu ketua sie LH Gereja Servatius Kampung Sawah Bekasi , mengajak umat untuk menggunakan twibbon dan upload ke medsos yang dimilki. Saya kata Rindu  melalui WA nya  turut mendukung kegiatan Rumah Edukasi  Isidorus sebagai tempat mengedukasi  umat dan masyarakat  dalam belajar mengolah sampah  demi alam yang lebih baik.

Dalam wawancara  dengan Rindu Ketua Sie LH lewat Telepon Selular Whats App Messsnger. Kegiatan yang dilakukan Sie LH  Gereja Servatiusn  ialah : pertama menanggulangi/mengatasi sampah diseputar  Gereja terutama sampah rumah tangga gereja,kedua : Merawat dan memelihara tanaman seputar gereja.  Ujar Rindu.Apa yang dapat diperoleh umat paroki setelah Louncing Rumah Edukasi Isidorus?  Kata Rindu 1)Umat dapat mempelajari beberapa cara untuk mengatasi sampah terutama sampah rumah tangga.2) Budidaya Maggot.3) Pembuatan Kompos dari sampah daun.4)Praktek EcoEnzyme

Hari LH sedunia ( World Environment Day) setiap tanggal 5 Juni kata P. Ruliyati PL. salah seorang aktivis Lingkungan hidup  dan Akademisi serta tutor membimbing umat dalam kegiatan LH di berbagai   gereja Katolik,kata dia  sudah dimulai sejak  tahun 1974 atas prakarsa Perserikatan Bangsa- Bangsa ( PBB) yang menanggapi :suara ‘nabi-nabi’ pertama (Rahel Carson 1962, Lynn White 1967, Club of Rome 1968). Namun demikian kata dia sejak itu kita terus saja menghancurkan  separuh lahan basah bumi dan hutan yang luas. Separuh terumbu karang telah hilang akibat pemanasan global dan penangkapan ikan  yang sembrono.( Ring-o)

Hilangnya Eko system ujar Ruliyati merampas dunia dari penyerap karbon justru pada saat emisi gas rumah kaca terus bertambah hingga perubahan iklim berpotensi membawa malapetaka dashyat. Dunia sangat membutuhkann hari Peringatan  ini kata dia untuk meningkatkan  kesadaran dan Tindakan nyata menyangkut masalah lingkungan seperti Polusi air dan udara  pemanasan bumi.kejahatan terhadap satwa liar.Kepadatan populasi, konsumsi berkelanjutan. Hanya dengan Restorasi ekositem yang sehat kita dapat menangkal perubahan iklim, menghentikan runtuhnya  keanekaragaman hayati dan menjamin penghidupan  masyarakat tutupnya.

Disisi lain  Tia yang juga anggota Sie LH di Servatius  mengajak umat untuk mengikuti siaran langsung  perayaan Ekaristi di  paroki Santo  Stefanus  Cilandak dengan menghadirkan aksi nyata Community supported Agrikultur ( CSA).Perayaan diadakan Minggu 6 Juni 2021  Jam 10.00 WIB yang dipersembahkan  secara Konselebrasi oleh Romo Agustinus HerubWibowo Pr.( Ring-o).