CIREBON – Pemerintah Kota Cirebon pastikan Alun-alun Kejaksan dibuka untuk umum sebelum bulan puasa Ramadan 2021.

Hal tersebut diungkapkan Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon Agus Mulyadi di sela-sela meninjau persiapan akhir dibukanya Alun-alun Kejaksan, Selasa (30/3).

“Hari ini merupakan tinjauan sekaligus koordinasi persiapan soft opening Alun-alun Kejaksan. Di rapat tadi, Kadis PUPR Kota Cirebon melaporkan perkembangan progres pengerjaan revitalisasi Alun-alun Kejaksan. Insya Allah Alun-alun akan dibuka untuk masyarakat sebelum bulan puasa Ramadan bersamaan dengan pengoperasian Bus Rapit Transit (BRT) atau bus Trans Cirebon pada tanggal 7 Apri,” ungkapnya.

Dijelaskan Agus, untuk pemeliharaan, kebersihan dan keamanan sudah disiapkan oleh Setda Kota Cirebon.

“Untuk Dinas Perdagang dan DKOKP untuk segera menyusun konsep pengelolaan Selter yang kita arahkan untuk galeri UMKM kita. Kemudian di sini (Alun-alun Kejaksan) ada mini perpustakaan yang nanti Dinas Perpustakaan yang akan mengelolanya dan segera menyusun konsepnya. Lalu, basement nanti dikoordinir oleh Dishub dan juga harus segera dikonsep,” jelasnya.

Sementara itu, Kadis PUPR Kota Cirebon Syaroni menuturkan, pihaknya akan merapikan beberapa item sebelum soft opening Alun-alun Kejaksan.

“Seperti rumput liar akan kami cabuti, dan lainnya. Kalau sarana dan prasarana di Alun-alun Kejaksan ini sudah rampung diantaranya lampu penerangan. ( Mh)