Suararepublik news – Tanggmus – Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Abdesi) Kabupaten Tanggamus, berkunjung kekantor Bupati Tanggamus.

Kepada Suararepublik Bendahara Abdesi Tanggamus, Zudarwansyah mengatakan, seluruh ketua Abdesi Kecamatan se-Kabupaten Tanggamus, bersama pengurus abdesi kabupaten, sharing dengan Pemkab Tanggamus diruang rapat utama sekertariat pemkab tanggamus. Senin (6/7)

Menurutnya, sebelum pandemi covid-19, Tanggamus sudah menjadwalkan Pemilihan Kepala Pekon (Pilkakon) tgl 15 april  2020, sampai hari ini belum ada kejelasan kapan Pilkakon itu akan dilaksanakan katanya. Dia juga  mengatakan diluar lampung ada Pemda yang sudah menjadwalkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tersebut.

“Imformasi yang kami dapat ada Kabupaten di Kalimantan, sudah menjadwalkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Sesa dibulan agustus mendatang, mereka sudah ada jadwal, kenapa kita tidak, apa bedanya Tanggamus Lampung dengan daerah lain,  jelasnya.

Dia mengatakan, rombongan abdesi diterima oleh Wakil Bupati Tanggamus AM Syafei, Sekdakab Hamid Heriansyah Lubis, dan Kabag Tapem Wawan Harianto diruang rapat utama. Kepada mereka wabup mengatakan, Pemkab Tanggamus sudah berkoordinasi dengan Kemendagri dan Pemprov Lampung melalui surat.

Menurutnya, Pemkab Tanggamus masih menungu informasi dari Kemendagri, kapan tanggamus bisa melaksanakan pemilihan kepala pekon tersebut, jelasnya.

Dilain pihak Kabag Tapem Tanggamus, Wawan Harianto, saat diwawancara Suararepublik menjelaskan, kedatangan abdesi tadi menyampaikan agar Pemkab Tanggamus sesegera mungkin melanjutkan tahapan pilkakon yang sempat tertunda karena covid-19.

Pemkab sudah berkoordinasi dengan Kemendagri dan Provinsi lewat surat, berdasarkan komunikasi via telepon, Kemendagri masih akan berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Sedangkan pihak provinsi akan mengundang Kabupaten se-Lampung yang akan melaksanakan Pilkakon serentak, rabu besok, katanya.

“Intinya Pemkab Tanggamus menungu rekomendasi atau jawaban dari Provinsi ataupun Kemendagri, untuk melanjutkan tahapan Pilkakon tersebut, demikian jelas Wawan Harianto,(Sihaili)