Buru.SuaraRepublik.News -Kesibukan mulai terlihat saat menjelang datangnya Luhut Binsar Panjaitan ke kabupaten buru.Saat ini Pemerintah Daerah Kabupaten Buru menggelar Rapat Koordinasi menjelang kedatangan atau kunjungan Menteri Kemaritiman Republik Indonesia, Luhut Bisar Panjaidtan pada 7 Oktober 2021 mendatang. Rapat berlangsung Jumat, (01/10/21) bertempat pada ruang rapat kantor Bupati Buru.

Turut Hadir Dalam kegiatan tersebut antara lain, Bupati Buru, Ramly Ibrahim Umasugi, Sekda Kabupaten Buru, M.Elyas Hamid, Dandim, 1506 Namlea, Kapolres Pulau Buru, KKUP Kelas II Namlea, Kepala Bandara Namliwel Namlea, para pimpinan OPD lingkup Kabupaten Buru dan undangan lainnya.

“Saya awalnya sudah berkordinasi dengan Pak Menteri. Dan saya mendapat info dari deputinya bahwa kedatangan Menteri itu harus dibuat kesan, sehingga pada saat permintaan Ke pemerintah Pusat langsung di Respon. Dan juga akan saya sampaikan untuk Percepatan ijin Tambang legal, Sehingga Masyarakat Buru dapat Bekerja sesuai dengan Undang Undang Pertambangan,”kata Bupati Ramly Umasugi dalam rapat.

Di tempat yang sama, Kapolres Pulau Buru, Egia Kusumaatmajaya menyampaikan dengan kedatangan Menteri, ini adalah peluang untuk mendatangkan infestasi di Kabupaten Buru.

Lanjutnya, untuk pengamanan kami siap. Dan kami akan membantu Pemerintah Daerah untuk kedatangan menteri. Kami sesuaikan dengan randum acara, jadi intinya kami siap untuk melaksanakan pengamanan dan kami akan berkordinasi dengan Pihak TNI,” tutur Kapolres.

Dalam waktu yang sama juga, Dandim 1506/Namlea bahwa menyampaikan kesiapan mereka untuk memastikan keamanan saat kedatangan meteri.

“Kamipun siap, untuk berbuat yang terbaik untuk kedatangan nenteri. olehnya itu, saya sampaikan bahwa kita selalu  menjaga keselamatan dan esehatan Pak menteri,”kata Dandim.

“Kami harus mentertibkan dan menjaga Protokol Kesehatan, dan juga hewan ternak yang berkeliaran di jalan agar di tertibkan lagi. Sehingga pada saat pak menteri melewati jalan, itu tidak di halangi oleh hewan ternak,”paparnya.

“Perlu saya sampaikan untuk Instansi terkait agar dipersiapkan Alat Drone, aehingga mempermudah setiap kegiatan pak menteri,”terang Dandim.

Sementara itu, Kepala Sabandar Namlea mengatakan mereka telah menyiapkan area pelabuhan apabila menteri berkunjung Ke pelabuhan. “Perlu kami sampaikan juga bahwa Pelabuhan Namlea ini merupakan pelabuhan alternatif yg sangat signifikan. Olehnya itu, akan kami sampaikan ke pak menteri apabila beliau verkunjung ke pelabuhan kami, untuk vagaiman perkembangan pelabuhan kami,”ujar Sabandar.

“Kami dari pihak bandara, selalu siap kapanpun, kalau ada kunjungan dari manapun, dan kami mohon bantuan dari pihak keamanan dalam hal ini, pak Dandim dan pak Kapolres. Karena kami mengantisipasi jangan sampaikan penerbangan pak menteri melakukan penerbangan rutin bersamaan,”harap Kepala Bandara.

Sedangkan Kadis Kesehatan Buru menyampaikan bahwa untuk pelaksanaan kegiatan yang dipersiapkan untuk kedatangan pak menteri terutama adalah melakukan tes anti gen pada saat dilakukan pertemuan dengan menteri pada setiap tamu undangan.

Maluku.Pulauburu(Idris Wael)