Suararepublik.news – Satuan Polairud Polres Karimun melaksanakan Konferensi Pers bertempat di loby Polres Karimun tentang penangkapan terhadap 1 (satu) unit kapal boad pancung yang diduga bermuatan rokok dari Batam tujuan Guntung Tembilahan Prov. Riau, Senin (6/7/20).

Dalam penangkapan Sat Polairud Polres Karimun berhasil mengamankan 30 box/ 24.000 Bungkus Rokok merk H Mild dan berhasil mengamankan 2 (dua) pelaku berinisial S dan A S dan 1 (satu) DPO berinisial A.

“Dari hasil perbuatan pelaku dikenakan pasal yang diterapkan pasal 54 Jo pasal 56 UU No. 39 Thn 2007 tentang Cukai”

Saat dalam penangkapan terjadi, Jumat (3/7/20) sekira jam 20.00 wib Kasat Polairud Mendapat info akan ada kapal dari batam menuju Sei Guntung Tembilahan Prov. Riau membawa rokok tanpa dilengkapi dokumen, kemudian Kasat Polairud memerintahkan unit Patroli KP XXXI-30 2001 danan Unit Gakkum untuk melakukan penangkapan dengan cara melakukan penyekatan, setelah dilakukan lidik dan ditemukan boat pancung tanpa nama dengan bermuatan yang diduga jenis rokok merk H Mild dengan jumlah kurang lebih 30 box.

Ketika dalam penangkapan Kapal Boad pancung tanpa nama tersebut dan di temukan bahwa palka kapal dalam keadaan tertutup kembes dan didapatkan di dalam kapal berisi kotak-kotak, kemudian pihak sat polairud melakukan pengecekan di dalam dan menintrogasi kepada tekong dan ABK Kapal pancung mereka mengakui bahwa muatan barang-barang tersebut adalah jenis rokok yang berasal dari Batam dengan tujuan Sei Guntung Tembilahan Prov. Riau.

Setelah itu, Kanit Gakkum bersama anggota membawa dan mengawal kapal beserta Abk awak Kapal menuju Pos Polairud Polres Karimun.

Kemudian Kanit Gakkum Polres Karimun nlangsung berkoordinasi pihak DJBC pelayanan Tg. balai Karimun untuk pelimpahan berkas Tersangka dan Barang Bukti. Iqbal