Jakarta, Suararepublik.news– Pengamat politik Emrus Sihombing menilai, Ketua DPR Puan Maharani merupakan salah satu tokoh bangsa yang memenuhi kriteria sebagai calon presiden (capres).

Bahkan melihat rekam jejak Puan, Emrus menyebut kalau Ketua DPP PDIP itu sangat pantas dan mendekati sempurna sebagai kandidat capres.

“Kalau dari rekam jejaknya, saya berpendapat Puan adalah satu tokoh bangsa yang sangat pantas dan mendekati sempurna untuk menjadi calon presiden,” kata Emrus kepada netralnews.com, Selasa (25/5/2021).

“Soal diusung partai atau tidak itu urusan kedua, tetapi secara sosok dan keberhasilannya, rekam jejaknya sangat pantas dan mendekati sempurna untuk menjadi kandidat calon presiden,” ujarnya.

Emrus berpendapat demikian bukan tanpa alasan. Pasalnya, pengalaman Puan Maharani sebagai eksekutif maupun legislatif sudah sangat teruji. “Sudah punya pengalaman eksekutif dan legislatif. Bukankah dua pengalaman itu diperlukan jadi presiden?,” ucap dia.

Emrus menjelaskan, saat menjadi anggota DPR periode 2014-2019 dan menjabat Ketua Fraksi PDIP, Puan melaksanakan tugasnya dengan baik dan tidak ada isu miring menerpa putri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu.

“Selama itu tidak ada isu miring, masalah, atau wacana di publik tentang sesuatu yang tidak berhasil dari Puan. Itu berarti dia bisa menangani pekerjaannya dengan baik dan berhasil. Jadi dari sudut itu dia hebat dong. Kinerjanya, tanggung jawabnya dilakukan dengan baik,” ungkapnya.

Begitu juga, lanjut Emrus, ketika menjabat Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani juga dinilainya sukses mengemban amanah dan tanggungjawabnya dengan baik.

“Yang kedua ketika menjadi Menko PMK. Selama jabatan tersebut kementerian ini bisa dipimipin, tidak ada masalah, berarti berjalan dengan baik. Dia mengkoordinir beberapa kementerian tapi tidak ada masalah. Artinya berjalan dengan baik dia mengkoordinir beberapa kementerian,” paparnya.

“Sebagai menteri itu kan pembantu presiden, berarti dia melaksanakan sebagian tugas-tugas presiden sesuai dengan kementeriannya. Berarti logikanya sudah pengalaman melakukan sebagian dari tugas presiden,” jelas Emrus.

Puan Maharani, tambah Emrus, juga mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sekarang sebagai Ketua DPR. Emrus menyebut, memimpin DPR yang terdiri dari berbagai fraksi/partai, pun banyak orang-orang hebat di dalamnya bukanlah sebuah perkara mudah, namun Puan membuktikan kalau dia mampu mengkoordinir semuanya dengan baik.

“Di DPR itu ada beberapa fraksi/partai, ada para politisi senior, orang-orang hebat semua itu, tapi bisa di-manage, dikoordinir sehingga semuanya berjalan dengan baik sampai sekarang, tidak ada suatu hal yang menghambat proses yang terjadi di sana, dinamika politik berjalan, musyawarah di sana kan,” jelasnya.

Atas dasar itu, Emrus menegaskan, Puan Maharani merupakan sosok yang sangat layak dan mendekati sempurna untuk menjadi capres.

“Jadi menurut saya dia punya leadership, dia punya managerial skill dan punya kelebihan sebagai pemimpin. Atas dasar fakta dan analisis tersebut, beliau sangat pass dicalonkan menjadi calon presiden, bahkan mendekati sempurna,” pungkasnya.{ SRN }