SuaraRepublik.News, Maluku – P.Buru-Satbinmas sebagaimana dimaksud dalam perkap 23 tahun 2010 Pasal 10 huruf e merupakan unsur pelaksana tugas pokok yang berada di bawah Kapolres.

Satbinmas bertugas melaksanakan pembinaan masyarakat yang meliputi kegiatan penyuluhan masyarakat, pemberdayaan Perpolisian Masyarakat (Polmas), melaksanakan koordinasi, pengawasan dan pembinaan terhadap bentuk-bentuk pengamanan swakarsa (pam swakarsa), Kepolisian Khusus (Polsus), serta kegiatan kerja sama dengan organisasi, lembaga, instansi, dan/atau tokoh masyarakat guna peningkatan kesadaran dan ketaatan masyarakat terhadap hukum dan ketentuan peraturan perundang-undangan serta terpeliharanya keamanan dan ketertiban masyarakat.

Dalam kesempatan silaturahmi antara Beberapa Insan Pers bersama KASAT BINMAS POLRES BURU , IPtu Yan Mezar Lena bertempat diruangannya Mapolres Buru.pada

RAbu, 25/6/2020

dalam Acara  silaturahmi itu, Iptu Yan Nezar Lena , menyambut baik kehadiran Insan Pers serta menyampaikan  terima kasih atas kehadiran  beberapa Insan Pers  .

Iptu Yan Nezar Lena , disela  sela acara tersebut

Menyampaikan beberapa hal yakni ,

Semenjak Bulan Nopember 2019 dirinya menjabat sebagai kasat Binmas Polres Pulau Buru , banyak hal yang  beta ( saya ) alami  yang pertama kami kekurangan kendaraan dinas  roda dua maupun kendaraan Roda Empat hal ini yang juga membatasi ruang gerak kami.

Ungkap,” Iptu Lena.

Lanjut  Iptu Lena Selain itu juga kami mengalami kekurangan Anggota Babinkamtibnas  mengigat  polres pulau Buru Membawai juga kabupaten Buru Selatan , dan kebetulan  dirinya  sedang mengusulkan kenaikan Pangkat  dari Iptu ke AKP ,Insha Allah Januari  bila tidak halangan sudah bisa AKP. Karena itu saya punya telaan Staf  untuk mengajukan UKP persyaran nya adalah gelar staf  ,Saya mengangkat Temanya ,Menambah personil Babinkamtibnas mengigat Polres Buru Membawai dua Kabupaten ( kab- Buru dan Kab – Buru  Selatan ) , oleh karena itu dalam staf saya  mengajukan penambahan personil Babinkamtibnas untuk dua Kabupaten ini.

Menurut Iptu Lena ,   personil  Babinkamtibnas saat ini baru berjumlah  empat puluh sedangkan jumlah desa Seratus Delapan  puluh Enam Desa .

Nah ! Bagaimana mengantisipasi  dan menghendel.

Begitu banyak desa desa yang begitu banyak sementara jumlah anggota  Babinkamtibnas cuma 40 anggota. Sementara harapan pemerintah dalam hal ini Kapolri satu desa satu anggota Babinkamtibnas  ini adalah tantangan buat saya.

Menyoal tentang kemungkinan ada   penyimpangan dari anggotanya  terkait maklumat Pk Kapolri sudah tentu ada resiko  dan sanksi hukumnya.

Tegasnya.tegas kasat.

Maluku .. (wael).