Suararepublik.news, Manokwari. kasuari18- Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Ali Hamdan  Bogra S.I.P., M.Si., Kamis (18/6/2020) menerima kunjungan Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda (Laksda) TNI Dadi Hartanto M.Tr. (Han) di Makodam XVIII/Kasuari, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat.

Saat menerima kedatangan Pangkoarmada III yang didampingi Asisten Operasi dan Asisten Pembinaan Potensi Maritim Pangkoarmada III, serta Kepala Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan (Kafasharkan) TNI AL Manokwari ini, Pangdam didampingi Kasdam XVIII/Kasuari Brigjen TNI Ferry Zein, Irdam, Kapoksahli Pangdam, para Asisten Kodam, LO TNI AL, dan LO TNI AU, serta Kapendam XVIII/Kasuari.

Dalam rilisnya ke media, Kapendam XVIII/Kasuari Kolonel Inf Andi Gus Wulandri, S.I.P. mengatakan bahwa kedatangan pimpinan dan para pejabat TNI AL dari Armada III yang bermarkas di Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat ini ke Kodam XVIII/Kasuari untuk menemui Pangdam Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerja Pangkoarmada III ke Forkopimda Provinsi Papua Barat. Sebelumnya, Pangkoarmada III dan rombongan telah mengunjungi Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan di kantornya di Manokwari.

“Kunjungan kerja Pangkoarmada III ke pejabat Forkopimda Provinsi Papua Barat selain bersilaturahmi sebagai pejabat baru, juga bertujuan untuk meningkatkan soliditas dengan segenap komponen Pemerintah Daerah (Pemda), pertahanan negara dan keamanan ketertiban masyarakat menuju sinergitas dalam pelaksanaan tugas,” kata Kapendam.

“Kunjungan ini merupakan kunjungan kerja yang pertama kalinya dari Pangkoarmada III Laksda TNI Dadi Hartanto M.Tr. (Han) ke Kodam XVIII/Kasuari,” tambah Kolonel Andi Gus.

Untuk diketahui, Koarmada III TNI AL yang diresmikan berdirinya pada 11 Mei 2018 di Sorong, Papua Barat membawahi wilayah laut Indonesia bagian timur.

Koarmada III ini membawahi empat Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal),  yakni Lantamal IX di Ambon, Lantamal X di Jayapura (termasuk didalamnya Farharkan Manokwari), Lantamal XI di Merauke, dan Lantamal XIV di Sorong.(Letkol Inf Ertoto)