Suararepublik.news, Tanggamus – Pada tahun ini kecamatan pematang sawah kabupaten Tanggamus akan mendapatkan satu unit pembangunan Puskesmas rawat inap, yang bersumber dari APBN dana DAK kesehatan, dan Puskesmas rawat inap tersebut akan di isi oleh paramedis dan dokter spesialis yang bersifat penugasan.

Hal tersebut dikatakan Agus Somad selaku Camat Pematang Sawa di ruang kerjanya pada Jum’at (26/06).

disebut kan bahwa pembangunan Puskesmas rawat inap ini tak lain itu berkat Do’a dan dukungan masyarakat pesisir yang ada di Kecamatan Pematang Sawa.

Dimana pembangunan Puskesmas rawat inap ini berlokasi di pedukuhan limus Pekon Martanda dan sudah mendapatkan tanah hibah dari seorang tokoh masyarakat Martanda dengan ukuran tanah 50 x 50 meter persegi.

Agus Somad menjelaskan pembangunan Puskesmas rawat inap ini akan menghabiskan anggaran sebesar 3,5 milyar yang bersumber dari APBN alokasi DAK kesehatan.

” Dengan akan di bangun nya Puskesmas rawat inap ini sehingga Kecamatan Pematang sawa, telah memiliki 2 unit Puskesmas rawat inap dimana Puskesmas yang telah di bangun terletak di pekon Way Nipah,” kata Agus Somad.

“Tentu saja hal tersebut membuat masyarakat pesisir sangat senang dan antusias, dukungan masyarakat terlihat dengan menghibahkan tanah mereka untuk pembangunan Puskesmas rawat inap.

Dimana selama ini masyarakat pesisir seberang lautan sangat sulit untuk mendapatkan pelayanan kesehatan,Ucapnya.

“Ada 8 pekon atau desa yang sangat sulit di jangkau mengingat wilayahnya terletak di penghujung Tanggamus, masyarakat pesisir Selatan yang selama ini sulit mendapatkan pelayanan kesehatan karna tidak mempunyai akses jalan seperti Pekon Tirom, Kaur Gading, Martanda, Pesanguan, Tampang Tua, Karang Brak, Teluk Brak dan Pekon Tampang Muda. (Suhaili)