Kabupaten Sukabumi, SuaraRepublik.News – Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami, mengikuti Rapat Koordinasi Pemantapan Tahapan PemiluKaDa Serentak, melalui Video Conference ( Vi-Con ) di Pendopo Sukabumi, Rabu, 24/06/20.

Rakor Daring dipimpin langsung Menteri Dalam Negeri, H. Muhammad Tito Karnavian, dan di ikuti oleh 270 Kepala Daerah di seluruh Indonesia, yang akan melaksanakan PilKaDa serentak.

Seperti diketahui, PilKaDa 2020 akan digelar di 270 Wilayah di Indonesia, meliputi 9 Provinsi, 224 Kabupaten, dan 37 Kota serta pelaksanaan dijadwalkan tanggal 9 Desember 2020.

MenDagri dalam pengantarnya, menegaskan, bahwa pelaksanaan PemiluKaDa serentak, harus memperhatikan protokol kesehatan. ” Tentunya kita wajib disiplin menjalankan protokol kesehatan, petugas maupun pemilih, harus menggunakan APD yang aman sehingga pelaksanaan PemiluKaDa bisa berjalan dengan baik sesuai tatakelola yang ditetapkan, juga memenuhi standar kesehatan” terangnya.

H. M.Tito Karnavian menekankan, untuk mendukung gerakan disiplin protokol kesehatan tersebut, KPU menyediakan Masker, sarung tangan, hand sanitizer dan tempat cuci tangan. Karena hal tersebut, dimaksudkan supaya semua pihak dapat terlindungi dari penularan covid 19.

Menurut MenDagri, dari 15 tahapan PemiluKaDa, sudah dilaksanakan 5 tahapan, dengan demikian tinggal 10 tahapan lagi yang harus dilaksanakan. Untuk itu, H. M. Tito K menambahkan, dibutuhkan sinergitas Pemerintah Daerah serta masyarakat, agar PilKaDa Serentak 9 Desember 2020 sukses dan aman dalam pelaksanaannya.

” Seluruh proses pemilukada harus memperhatikan tatacara kesehatan standar, sehingga, di tahapan-tahap penting, seperti pelantikan PPS, pemutakhiran data pemilih door to door, kampanye, sampai pemungutan suara, protokol kesehatannya betul-betul bisa diterapkan,” tuturnya.

Sementara itu Bupati Sukabumi menyatakan, bahwa PemKab Sukabumi terus mendukung seluruh tahapan PemiluKada yang dilaksanakan oleh KPU.

” PemKab Sukabumi sangat mendukung terselenggaranya kelancaran PemiluKaDa, kita support seluruh tahapan, sehingga apapun yang dilaksanakan oleh KPU dan Bawaslu terkait, PemiluKada, bisa berjalan dengan baik” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, H. Marwan Hamami menandatangani Addendum Kedua; Naskah Perjanjian Hibah Daerah, Antara Pemerintah Kabupaten Sukabumi Dengan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sukabumi. ( HP )